Selamat datang di Blog Darah Daud 303. TUHAN YESUS memberkati kita semua (hitam & putih)

Sabtu, 18 Juni 2016

SATU DARI 5 TOKOH NASIONAL BERADA DI UJUNG WAKTU

Dalam Bahasa Ibrani, Timor secara hurfiah artinya: rahasia

Pada tanggal 31 Mei 2016, melalui salah satu artikel saya, untuk pertama kalinya saya memunculkan 3 pertanyaan, yang salah satunya adalah; "Nama Pulau TIMOR itu berasal dari bahasa apa?"

Ketiga pertanyaan tersebut saya ajukan kepada 5 tokoh nasionalis Timor Leste, berdasarkan "pesan Ilahi" yang saya peroleh melalui mimpi aneh yang terjadi pada 16 Mei 2016 (Anda bisa membaca mimpi aneh tersebut dalam artikel edisi 16 Mei 2016).

Lalu selang beberapa hari, ada satu FB'er (Pembaca setia artikel saya), yang saat ini tinggal di Inggris, setelah membaca artikelku dan melakukan browsing di internet, menemukan sebuah situs berbahasa Inggris, dan di sana, dalam situs tersebut, tertulis secara eksplisit bahwa;
==============================================
"Nama TIMOR itu akar katanya berasal dari Bahasa IBRANI". 
==============================================
Karena sahabat tersebut telah menemukan bahwa asal-usul kata TIMOR berasal dari Bahasa IBRANI, maka ada tanggal 11 Juni 2016, saya menerbitkan satu artikel untuk mengafirmasi (membenarkan) bahwa secara etimologis, asal-usul kata TIMOR memang berasal dari Bahasa IBRANI.
Pertanyaannya kini adalah; "Apa makna TIMOR dalam Bahasa IBRANI?"
Dalam Bahasa IBRANI, kata TIMOR artinya; RAHASIA alias SECRET. Tapi secara "kultur" (tradisi) nama TIMOR umumnya digunakan "ORANG IBRANI" sebagai nama "anak laki-laki". Kadang-kadang digunakan juga sebagai nama anak peremuan tapi jarang sekali. Lebih sering digunakan untuk nama "anak laki-laki".
Coba Anda baca penggalan (kutipan) dalam teks berbahasa Inggris berikut ini (saya kutip dari salah satu referensi tertulis);
What does Timor mean?
============================================
Timor is largely used in the Hebrew language, and its origin is Hebrew. From Hebrew roots, its meaning is secret. 
In Hebrew tradition, Timor is used as name of baby boy. The baby boy name Timor is also used as a girl name but rarely. Timor is pronounced as Tiy-Mao-R †. 
==============================================
Penggalan teks berbahasa Inggris di atas, hanya untuk memastikan kepada kita semua bahwa frasa (kata) TIMOR, yang merupakan nama Pulau TIMOR itu, secara etimologis (akar kata), asal-usulnya memang benar-benar berasal dari Bahasa IBRANI.

Pertanyaannya kini adalah;
"Apakah dengan terungkapnya asal-usul nama TIMOR, maka 3 pertanyaan yang saya tujukan kepada 5 tokoh nasionalis (yang namanya muncul dalam daftar "top five list"), sebagaimana dapat dibaca dalam artikel edisi 31 Mei 2016, dibatalkan?"
Jawabannya; "sama sekali tidak dibatalkan".
Dengan terungkapnya nama TIMOR yang ternyata berasal dari Bahasa IBRANI, maka kini tugas ke-5 tokoh nasional adalah menjelaskan nama TIMOR dalam konteks (yang berhubungan dengan keseluruhan eksistensi) TIMOR LESTE dan hubungannya dengan apa sering orang sebut sebagai; "ORANG IBRANI".
Dalam Bahasa IBRANI, nama TIMOR itu masih ada makna lainnya yang berkaitan erat dengan sejumlah aspek, antara lain;
(1). Aspek Teologis
(2). Aspek Filosofis
(3). Aspek Historis
(4). Aspek Politis
(5). Aspek Anthropologis 
(6). Aspek Numerologis 
(7). Aspek Etimologis 
(8). Aspek Kultural-tradisi dan lain sebagainya
Berhubung yang dibahas pertama dalam artikel ini adalah frasa TIMOR, maka saya persilahkan ke-5 tokoh nasionalis untuk meneruskan menjawab pertanyaan lainnya sebagaimana sudah saya sampaikan dalam artikel edisi 31 Mei 2016.
Ke-5 tokoh nasional yang masuk dalam daftra "top five list" yakni;
(1). Taur Matan Ruak
(2). Rui Maria de Araujo 
(3). Lere Anan Timor 
(4). José Alexandre Xanana Gusmão 
(5). Lucas da Costa
Saya memilih ke-5 tokoh nasionalis yang namanya muncul dalam daftar; "top five list" di atas, karena mengacu kepada mimpi aneh sebagaimana dapat dibaca dalam artikel edisi 16 Mei 2016. Jadi bukan asal main copot nama berdasarkan selera pribadi.
Kalau bukan karena mimpi aneh tersebut, saya tidak ingin menyeret ke-5 tokoh nasionalis ke dalam hal-hal yang sulit mereka fahami. Lagi pula ke-5 tokoh nasionalis tersebut sama sekali tidak mengenali saya.
Dari 5 tokoh tersebut, mungkin ada satu yang mengenal saya, tapi hanya mengenal secara superficialis (kenal kulitnya saja).
Dengan demikian, saya hanya menunaikan kewajiban saya. Persoalan apakah ke-5 tokoh nasionalis mau menyelesaikan 3 pertanyaan tersebut atau tidak, pilihan ada di tangan mereka.
Toh, merekalah yang telah begitu banyak menikmati sejumlah "kemuliaan" hanya karena nama TIMOR yang secara etimologis, akar katanya berasal dari Bahasa IBRANI.
Pada "tataran lahiriah", saya hanyalah "orang kecil" yang sama sekali tidak menikmati kemuliaan apapun dengan status TIMOR Leste sebagai sebuah negara. Setidak-tidaknya sampai detik ini.
Saya hanyalah bagian integral dari "komunitas marjinal". Saya bukanlah tokoh nasional atau pejabat negara TIMOR Leste.
Namun karena sayalah yang mendapat "petunjuk Ilahi", saya wajib menyampaikannya. Diindahkan, saya syukuri. Diabaikan, saya maklumi. Apapun yang terjadi, saya merasa "nothing to lose".

WAKTUNYA HANYA TERSISA 12 HARI LAGI
Catatan pendek ini sengaja saya beri judul; SATU DARI 5 TOKOH NASIONAL BERADA DI UJUNG WAKTU. Konstruksi dari kalimat judul ini, bernuansa "peringatan keras".
Hari ini sudah 18 Juni 2016. Hanya tersisa 12 hari lagi batas waktu bagi ke-5 tokoh nasionalis untuk menjawab 3 pertanyaan tersebut. Tapi jika sampai 30 Juni 2016 berakhir, ke-5 tokoh tetap mengabaikan 3 pertanyaan tersebut, maka salah satu dari ke-5 tokoh tersebut, akan harus menanggalkan yang fana dan mengenakan yang baka sebelum kita memasuki 1 Januari 2017.
Anda boleh percaya, boleh tidak. Tapi saya memiliki "track-record" dan kita semua akan menyaksikan "drama besar" itu terjadi.
"Siapa dari ke-5 tokoh nasionalis tersebut yang akan lebih dulu dipanggil?" Itu adalah "hak prerogatif ALLAH". Kita tunggu saja.

Selamat berakhir pekan berasama Keluarga tercinta. Selamat merayakan Sabat suci bagi mereka yang merayakannya.
TUHAN YESUS memberkati
Bunda Maria merestui
Santo Yosef melindungi kita semua (hitam & putih). Amin.

Tidak ada komentar: