Selamat datang di Blog Darah Daud 303. TUHAN YESUS memberkati kita semua (hitam & putih)

Jumat, 29 Januari 2016

Stephen Hawking Berkata Punya Cara Melarikan Diri dari Lubang Hitam






Hal-hal yang jatuh ke dalam lubang hitam hilang selamanya, kan? Tidak begitu, kata Stephen Hawking. 
"Jika Anda merasa Anda berada di sebuah lubang hitam, jangan menyerah," katanya kepada penonton di sebuah kuliah umum di Stockholm, Swedia, Senin (25/8). Dia berbicara di muka dari pembicaraan ilmiah di Konferensi Radiasi Hawking yang diadakan di KTH Royal Institute of Technology di Stockholm. "Ada jalan keluar."

Anda mungkin tahu bahwa lubang hitam adalah bintang yang runtuh oleh gravitasinya sendiri, memproduksi gaya gravitasi begitu kuat sehingga bahkan cahaya tidak dapat melarikan diri. Apa pun yang berada di dalam diduga robek terbelah oleh gravitasi besar, tidak pernah terlihat atau terdengar lagi.

Apa yang Anda mungkin tidak tahu adalah bahwa fisikawan telah berdebat selama 40 tahun tentang apa yang terjadi dengan informasi tentang keadaan fisik benda-benda setelah mereka jatuh dalam mekanika kuantum, mengatakan bahwa informasi ini tidak dapat dimusnahkan, tetapi relativitas umum mengatakan itu harus—itu sebabnya argumen ini dikenal sebagai paradoks informasi.

Sekarang Hawking mengatakan informasi ini tidak pernah membuatnya di dalam lubang hitam di tempat pertama. "Saya mengusulkan bahwa informasi disimpan tidak di pedalaman lubang hitam seperti yang sudah diduga, tetapi pada batasnya, cakrawala peristiwa," ujarnya hari ini.

Cakrawala peristiwa adalah bola di sekitar lubang hitam dari dalam yang tidak bisa lepas dari cengkeramannya. Hawking yang menyatakan bahwa informasi tentang partikel yang lewat diterjemahkan menjadi semacam hologram –deskripsi 2D dari objek 3D—yang duduk di permukaan cakrawala peristiwa. "Idenya adalah, terjemahan yang super adalah hologram dari partikel jalan masuk," katanya. "Jadi mereka berisi semua informasi yang akan dinyatakan hilang."

Jadi bagaimana membantu sesuatu melarikan diri dari lubang hitam? Pada 1970-an Hawking memperkenalkan konsep radiasi Hawking—foton yang dipancarkan oleh lubang hitam karena fluktuasi kuantum. Awalnya ia mengatakan bahwa radiasi ini tidak ada meninggalkan informasi dari dalam lubang hitam, tetapi pada tahun 2004 berubah pikiran dan mengatakan itu mungkin bisa menjadi informasi untuk keluar.

Hanya bagaimana itu bekerja masih misteri, tapi Hawking sekarang berpikir dia telah memecahkan itu. Teori baru adalah bahwa radiasi Hawking dapat mengambil beberapa informasi yang tersimpan di cakrawala peristiwa seperti yang dipancarkan, memberikan cara untuk keluar. Tapi jangan berharap untuk mendapatkan pesan dari dalam, katanya. "Informasi tentang partikel jalan masuk dikembalikan, tetapi dalam bentuk yang kacau dan tidak berguna. Ini menyelesaikan paradoks informasi. Untuk semua tujuan praktis, informasi yang hilang."

Tahun lalu Hawking menjadi berita utama untuk ucapan "tidak ada lubang hitam"—meskipun apa yang dia maksudkan sedikit lebih rumit, karena ia mengusulkan mengganti cakrawala peristiwa dengan konsep terkait, cakrawala jelas. Ide baru ini kompatibel dengan satu yang sebelumnya, yang tidak benar-benar menjadi berita untuk fisikawan teoritis, kata Sabine Hossenfelder dari Nordic Institute for Theoretical Physics di Stockholm, yang menghadiri kuliah Hawking.

"Dia mengatakan bahwa informasi yang ada sudah menjadi dua kali dari awal mula, sehingga tidak pernah hancur dalam lubang hitam," katanya. "Setidaknya itulah yang saya mengerti."

Lebih detail, diharapkan ketika salah satu kolaborator Hawking Malcom Perry memperluas ide, dan Hawking bersama rekan-rekannya mengatakan mereka akan mempublikasikan makalah tentang hasil kerja bulan depan, tapi jelas ia memacu untuk sebuah gagasan bahwa lubang hitam tak terhindarkan. Itu bahkan mungkin menjadi informasi untuk bisa keluar ke alam semesta paralel, ujarnya kepada penonton.

"Pesan dari kuliah ini adalah bahwa lubang hitam tidak hitam seperti mereka dicat. Mereka bukan penjara yang kekal  seperti yang mereka pikirkan, "katanya. "Hal-hal bisa keluar dari lubang hitam baik di luar dan mungkin keluar di alam semesta lain.

(Ilham Bagus Prastiko/New Scientist)

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Sthepen William Hawking memang manusia jenius, setingkat Isaac Newton, satu-satunya ilmuwan jaman ini yang mampu memenangkan hadiah Lucasian, yang hanya bisa diterima oleh ilmuwan sekelas Newton, tapi sayangnya dia meragukan eksistensi Allah. Pernah mendapat teguran dari Otoritas Vaitcan. Sempat diundang untuk hadir di Vatican pada 1981, jaman Paus Yohanes Paulus II bertakhta.